Laporan Dewan Komisaris
  • Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan Rahmat-Nya kepada kita semua.

    Dengan penuh syukur kami sampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan, di tengah kondisi ekonomi yang berat ini, Perseroan mencapai laba bersih tahun 2020 sebesar USD 27,29 juta, meningkat USD 15,91 juta dari tahun sebelumnya.

    Setelah ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok mereda pada akhir tahun 2019, ketidakpastian kembali muncul pada awal tahun 2020. Dunia dilanda kepanikan akibat menyebarnya virus Covid-19 dengan sangat cepat.

    Pandemi ini berdampak lebih besar dibandingkan perang dagang yang terjadi sebelumnya. Aktivitas perekonomian global menyusut tajam. Ekonomi sebagian negara, termasuk Indonesia terkontraksi.

    Harga minyak mentah turun drastis di tahun 2020, terutama pada akhir triwulan pertama. Penurunan harga minyak dipicu selain oleh ketegangan antara Arab Saudi dan Rusia, juga oleh ketidakpastian dan pembatasan kegiatan usaha yang disebabkan oleh merebaknya virus Covid-19.

    Di tengah kondisi yang penuh tantangan ini, industri kesehatan dan kebersihan adalah industri yang mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan ini diakibatkan oleh meningkatnya pembelian masyarakat untuk multi-vitamin, suplemen, sabun cuci tangan, cairan antiseptik, deterjen dan lain-lain.

    Peningkatan permintaan deterjen dan sabun cuci tangan ditambah dengan keterbatasan pengadaan di pasar akibat keterbatasan operasional produsen Alkylbenzene lainnya mengakibatkan lonjakan permintaan untuk produk Perseroan.


    Penilaian terhadap Kinerja Direksi

    Direksi menerapkan sejumlah peraturan baru bagi karyawan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan mereka. Meskipun dengan keterbatasan aktifitas, Perseroan tetap menjalankan operasional dengan lancar, seperti kelancaran dalam pengiriman tepat waktu kepada pelanggan yang secara tidak langsung ikut serta menjaga ketersediaan produk pembersih untuk memenuhi permintaan masyarakat.

    Melihat hasil kerja yang dicapai di tahun 2020 ini, Dewan Komisaris menilai Direksi Perseroan telah melaksanakan kepengurusan dengan sangat baik. Dewan Komisaris menyampaikan apresiasi kepada Direksi dan seluruh jajaran manajemen atas kerja keras sepanjang tahun 2020 dan mendorong Direksi dan jajaran dibawahnya untuk terus meningkatkan kinerja di tahun-tahun mendatang.


    Pengawasan terhadap Implementasi Strategi Perseroan

    Pencapaian atas kinerja Perseroan pada tahun 2020 ini membuktikan bahwa penerapan kebijakan dan strategi oleh Direksi Perseroan berhasil membawa Perseroan ke hasil kinerja yang baik di tahun 2020 dan dapat terus bertumbuh.

    Keberhasilan Perseroan ini tidak lepas dari terjalinnya komunikasi yang baik antara Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan serta bekerjanya fungsi pengawasan Dewan Komisaris atas pelaksanaan kebijakan dan strategi yang dilakukan Direksi dan memastikan bahwa kebijakan dan strategi tersebut sejalan dengan kebijakan rencana pencapaian jangka panjang Perseroan.


    Pandangan atas Prospek Usaha yang Disusun Direksi

    Dewan Komisaris telah menelaah prospek usaha dan rencana kerja Direksi untuk tahun 2021. Perekonomian Indonesia pada tahun 2021 diperkirakan mengalami pemulihan, didorong meluasnya vaksinasi dan keberlanjutan stimulus. Masyarakat akan kembali pada aktivitas rutin seperti sebelumnya dengan kesadaran yang lebih waspada dalam menjaga kesehatan dan kebersihan (new normal).

    Kami menilai target yang ditetapkan merupakan target yang realistis, dan strategi yang diterapkan Direksi akan menguatkan posisi Perseroan. Dengan perkiraan tersebut, maka diharapkan kinerja Perseroan kembali bertumbuh di tahun 2021 dan memberikan nilai maksimal kepada pemegang saham.


    Frekuensi dan Cara Pemberian Nasihat Kepada Anggota Direksi

    Pada tahun 2020, Dewan Komisaris telah melaksanakan 6 (enam) kali rapat gabungan dengan Direksi. Dewan Komisaris dan Direksi rutin mengadakan rapat gabungan untuk membahas kondisi usaha terkini dan laporan kinerja per triwulan. Bila ada hal-hal penting lain yang perlu ditanyakan kepada Direksi atau Direksi ingin bertukar-pendapat dengan Dewan Komisaris, rapat dapat diadakan sewaktu-waktu. Pada pertemuan atau rapat tersebut Dewan Komisaris berkesempatan untuk memberikan saran atau nasihat kepada Direksi Perseroan antara lain mengenai pengelolaan Perseroan dan implementasi kebijakan strategis.


    Pandangan atas Penerapan Tata Kelola Perusahaan

    Dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pengawasannya dalam tata kelola perusahaan, Dewan Komisaris dibantu oleh Komite Audit dalam menelaah laporan keuangan Perseroan, independensi Akuntan Publik, kecukupan pengendalian intern, juga dalam mengevaluasi total paket remunerasi untuk Dewan Komisaris dan Direksi serta kepatuhan Perseroan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

    Atas rekomendasi Komite Audit dan evaluasi yang seksama terhadap laporan keuangan konsolidasian auditan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020, Dewan Komisaris telah menyetujui dan menerima laporan keuangan tersebut.

    Implementasi Tata Kelola Perusahaan yang Baik dalam Perseroan terus menunjukkan perkembangan yang baik. Perseroan terus berupaya untuk menyempurnakan mekanisme, struktur dan fungsi-fungsi organ Perseroan guna menunjang terciptanya Tata Kelola Perusahaan yang semakin baik.


    Apresiasi

    Akhir kata, kami menghaturkan penghargaan kepada manajemen dan karyawan atas dedikasi dan kerja keras di masa yang berat ini. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para pemegang saham, mitra bisnis, kreditur, pemasok, pelanggan dan semua pihak atas dukungan mereka yang berkelanjutan dan kepercayaan kepada Perseroan sepanjang waktu ini.





    -ys-

Hubungan Investor
  • Laporan Dewan Komisaris
  • Laporan Direksi
  • Analisa dan Pembahasan Manajemen
  • Laporan Laba Rugi Komprehensif Konsolidasian
  • Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian
  • Grafik Keuangan Penting
  • Analisa Rasio
  • Prospek dan Strategi Usaha
  • Keunggulan Kompetitif dan Manajemen Risiko
  • Prospektus & Anggaran Dasar
  • Saham, Dividen dan Kronologis Pencatatan Saham
  • Perubahan Peraturan, Perundang-undangan dan Kebijakan Akuntansi Signifikan
  • Laporan Tahunan
  • Laporan Keuangan Konsolidasian