Laporan Direksi
  • Bapak/Ibu Pemegang Saham dan Pemangku Kepentingan yang kami hormati,

    Kita memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan atas rahmat-Nya sehingga Perseroan dapat melalui tahun 2020 dengan baik dimasa kondisi perekonomian yang kurang baik akibat pandemi Covid-19 dan dimasa Perekonomian dunia mengalami kontraksi terutama pada semester pertama tahun 2020.

    Perekonomian Indonesia mengalami pertumbuhan negatif sebesar 2,07% di tahun 2020, jauh lebih rendah dari pencapaikan tahun sebelumnya yang sebesar positif 5%.

    Menurut survey, yang dilakukan oleh salah satu perusahaan konsultan pemasaran, bahwa sejak pemerintah Indonesia menetapkan protokol kesehatan guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan terjadi perubahan perilaku. Selama pandemi ini permintaan masyarakat akan produk kesehatan seperti obat, suplemen, multivitamin dan produk pembersih seperti sabun cuci tangan, sabun mandi, deterjen, pembersih lantai melonjak dalam upaya meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terkena penyebaran virus.

    Di tengah kondisi yang berat ini, Perseroan yang bergerak di bidang kebersihan ini merupakan salah satu dari industri yang bertahan dan bahkan meraih pertumbuhan.

    Pada tahun 2020, volume penjualan Alkylbenzene (AB) meningkat sebesar 14,26% dari tahun 2019 dan Perseroan membukukan nilai pendapatan sebesar USD 325 juta dengan laba bersih sebesar USD 27,29 juta, mengalami peningkatan sebesar USD 15,91 juta atau meningkat 139,67% dari tahun 2019.


    Strategi dan Kebijakan Strategi

    Meningkatnya kesadaran masyarakat atas pola hidup yang bersih dan sehat berdampak kepada peningkatan permintaan produk Perseroan. Oleh karena itu Perseroan akan melakukan perluasan kapasitas produksi dengan tambahan kapasitas sebesar 120.000 MT per tahun. Perluasan kapasitas ini diharapkan dapat dilaksanakan pada akhir tahun 2021 dan selesai pada tahun 2023.

    Sementara ini, Perseroan akan tetap memaksimalkan produksi dan menjaga kelancaran jalur distribusi untuk selalu menjamin ketersedian bahan baku dan kelancaran produksi pelanggan setia kami baik didalam maupun diluar negeri, sambil terus memperluas pangsa pasar baru.

    Penetapan peraturan kerja bagi karyawan pabrik dan kantor pun diterapkan mengikuti protokol kesehatan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan karyawan yang merupakan aset Perseroan.

    Wabah pandemi ini telah mempercepat pengembangan digital technology. Oleh karena itu Perseroan akan memberikan perhatian yang lebih terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia dan Sistem Teknologi Informasi.


    Perbandingan hasil dengan target

    Target tahun 2020 disusun sebelum merebaknya wabah Covid-19. Realisasi volume penjualan tahun 2020 lebih tinggi dari target.

    Penurunan harga gas sesuai dengan arahan Pemerintah, dan peningkatan volume penjualan dan produksi membantu menurunkan biaya produksi. Hal ini menyebabkan Perseroan mencatat laba bruto sebesar USD 55,45 juta, lebih tinggi USD 13,24 juta dari laba bruto yang ditargetkan untuk tahun 2020.

    Penguatan mata uang Rupiah juga memberikan dampak positif bagi Perseroan dengan posisi net monetary asset dalam mata uang Rupiah yang besar. Selisih laba kurs operasional atas penguatan Rupiah tercatat sebesar USD 3,52 juta di tahun ini.

    Peningkatan pendapatan sebagaimana tersebut diatas juga meningkatkan beban pajak. Termasuk dalam beban pajak adalah penyesuaian aset pajak tangguhan sehubungan dengan penurunan tarif pajak penghasilan. Namun demikian, laba bersih tahun 2020 tetap lebih tinggi dari yang ditargetkan, yakni tercatat sebesar USD 27,29 juta, dibandingkan target sebesar USD 18,42 juta.


    Kendala yang dihadapi

    Pandemi Covid-19 menciptakan banyak hambatan di tahun 2020. Seiring dengan berkurangnya aktivitas di berbagai belahan dunia, permintaan global terhadap berbagai komoditas turut melemah. Harga minyak mentah turun sejak Januari 2020. Pelemahan harga minyak paling tajam terjadi pada bulan Maret di saat banyak negara menerapkan lockdown. Turunnya harga minyak mentah disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya turunnya permintaan global dan ketegangan antara Arab Saudi dan Rusia. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan karena pasokan yang tidak terserap oleh pasar akan semakin tinggi. Fluktuasi harga minyak mentah secara tidak langsung mempengaruhi harga bahan baku Perseroan.

    Pembatasan kegiatan oleh beberapa negara juga dapat mempengaruhi ketersediaan bahan baku baik secara langsung maupun tak langsung. Saat ini, pasokan bahan baku Perseroan masih dapat berjalan dengan lancar.

    Perluasan kapasitas pabrik tetap merupakan fokus Perseroan. Sehubungan dengan protokol kesehatan selama masa pandemi pertemuan dan pembahasan dengan pihak terkait dan kontraktor yang sejogjanya dilakukan dengan pertemuan langsung, saat ini terpaksa dilakukan secara daring. Pemberlakukan penutupan perbatasan dan karantina bagi pendatang juga akan mempengaruhi progress penyelesaian proyek.

    Proses transformasi digitalisasi terakselerasi sejak pandemi Covid-19 merebak. Kegiatan operasional mengalami perubahan dan Perseroan perlu mengadaptasi untuk memastikan keselamatan dan kesehatan karyawan dan lingkungan kerja agar sejalan dengan perkembangan dan memungkinkan operasional berjalan lancar dengan keterbatasan kehadiran fisik.


    Gambaran prospek usaha

    Kondisi perekonomian global diharapkan terus membaik yang ditunjukkan oleh kontraksi ekonomi di berbagai negara yang semakin kecil. Meskipun kasus Covid-19 secara global masih terus meningkat dan dibayangi oleh mutasi baru, ketersediaan vaksin menjadi harapan pemulihan ekonomi global.

    Demikian pula dengan Perekonomian Indonesia pada triwulan IV tahun 2020 membaik dibandingkan triwulan sebelumnya. Melunaknya kontraksi ekonomi terutama ditopang sektor-sektor esensial di tengah pandemi seperti jasa kesehatan dan informasi-komunikasi. Ekonomi Indonesia pada tahun 2021 diperkirakan tumbuh 5%, lebih tinggi dari konsensus pasar maupun lembaga internasional.

    Pertumbuhan ekonomi serta jumlah dan pertambahan penduduk Indonesia memberikan prospek yang cerah untuk industri deterjen dan sabun cuci lainnya. Sejak merebaknya Covid-19, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan semakin tinggi. Potensi pertumbuhan konsumsi deterjen di Indonesia masih memiliki peluang karena konsumsi deterjen perkapita di Indonesia masih relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara maju. Oleh karena itu, kami optimis akan masa depan Perseroan.

    Dengan program-program kebijakan pemerintah untuk menjaga kestabilan pasar dan keamanan diharapkan fundamental ekonomi segera mendapatkan kembali momentum positif untuk tahun 2021 dan tahun-tahun mendatang.


    Penerapan Tata Kelola

    Perseroan senantiasa memandang Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG) dan penerapannya merupakan aspek penting dalam pengelolaan Perseroan untuk menjaga kepentingan seluruh pemangku kepentingan dan meningkatkan kepercayaan serta nilai bagi para Pemegang Saham, dan juga untuk meraih pertumbuhan usaha yang berkelanjutan.

    Untuk itu Perseroan berupaya memastikan prinsipprinsip dasar dari GCG yaitu: Keterbukaan, Akuntabilitas, Tanggung Jawab, Independesi dan Kewajaran diterapkan pada seluruh aspek usaha dan pada seluruh tingkatan manajemen serta dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan memenuhi etika bisnis yang berlaku.

    Perseroan selalu berupaya memastikan organ-organ Perseroan seperti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris, Direksi dan juga organ-organ pendukung GCG lainnya seperti Komite Audit, Unit Internal Audit dan Sekretaris Perusahaan berfungsi dengan baik guna menunjang berjalannya GCG dalam Perseroan. Pada tahun 2020, Perseroan telah melaksanakan seluruh kewajiban penyelenggaraan pelaporan dan keterbukaan informasi secara tepat waktu bagi seluruh pemangku kepentingan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Pada tanggal 29 Juli 2020, Direksi Perseroan telah menyelenggarakan RUPS Tahunan untuk tahun buku 2019, di mana pada RUPS Tahunan tersebut para Pemegang Saham Perseroan telah menerima dan mengesahkan Laporan Tahunan 2019, termasuk di dalamnya Laporan Kegiatan Perseroan, Laporan Pengawasan Dewan Komisaris dan Laporan Keuangan Perseroan tahun buku 2019. Pada RUPS tahunan tersebut para Pemegang Saham juga telah memutuskan untuk membagikan dividen tunai atas laba bersih tahun 2019 yaitu sebesar IDR 116 per saham, dengan total nilai dividen tunai sebesar IDR 44,47 miliar yang dibagikan pada tanggal 02 September 2020.

    Sebagai bagian dari pelaksanaan GCG, Perseroan juga berperan aktif dan berpartisipasi dalam pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan baik dalam lingkungan Perseroan maupun dalam lingkungan masyarat di sekitar Perseroan. Perseroan menjalin hubungan kerja dan komunikasi yang baik dengan para karyawan dan memenuhi hak-hak normatif karyawan sebagaimana diatur dalam Undang-undang Ketenagakerjaan. Perseroan juga berupaya sebaik mungkin untuk menjaga Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) para karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, asri dan ramah lingkungan.

    Perseroan juga turut berperan aktif membantu penanggulangan penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja Perseroan dengan secara tegas menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia. Sebagai bentuk kepedulian Perseroan terhadap lingkungan sekitar, Perseroan memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan yang berperan sebagai garda terdepan dalam penanggulangan pandemi Covid-19, bantuan ini disalurkan kepada beberapa Rumah Sakit di sekitar lingkungan Perseroan beroperasi.


    Apresiasi

    Akhir kata, kami memberikan penghargaan kepada seluruh karyawan yang telah bekerja dengan penuh dedikasi sehingga Perseroan melewati tantangan tahun 2020 dengan pencapaikan kinerja yang sangat positif. Kami berterimakasih juga kepada seluruh pelanggan, pemasok, kreditur, dan mitra bisnis atas dukungan, kerjasama dan kepercayaan yang diberikan kepada kami. Kami akan terus meningkatkan kerjasama yang dapat menguntungkan kedua belah pihak. Kami juga menyampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada Dewan Komisaris atas arahan yang telah diberikan dan juga kepada para Pemegang Saham atas kepercayaan yang telah diberikan. Kami optimis Perseroan akan terus melaju dan memberikan hasil optimal.



    -jxxi

Hubungan Investor
  • Laporan Dewan Komisaris
  • Laporan Direksi
  • Analisa dan Pembahasan Manajemen
  • Laporan Laba Rugi Komprehensif Konsolidasian
  • Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian
  • Grafik Keuangan Penting
  • Analisa Rasio
  • Prospek dan Strategi Usaha
  • Keunggulan Kompetitif dan Manajemen Risiko
  • Prospektus & Anggaran Dasar
  • Saham, Dividen dan Kronologis Pencatatan Saham
  • Perubahan Peraturan, Perundang-undangan dan Kebijakan Akuntansi Signifikan
  • Laporan Tahunan
  • Laporan Keuangan Konsolidasian