Prospek dan Strategi Usaha

  • Indonesia merupakan pasar yang sangat berpotensi bagi perkembangan bisnis deterjen. Jumlah penduduk yang mencapai sekitar 270 juta jiwa dan dengan tingkat konsumsi deterjen per kapita yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Ini merupakan potensi yang besar bagi Perseroan dan entitas anak di masa depan.

    Namun besarnya potensi pasar domestik ini juga mengundang kompetisi internasional di pasar Alkylbenzene, dengan masuknya impor atas Alkylbenzene maupun produk turunannya di mana bea masuk atas impor Alkylbenzene maupun turunannya sebagian besar adalah 0 (nol)%. Tantangan lainnya adalah kondisi ekonomi global yang mengalami perlambatan dan ketidakpastian yang berdampak pada menurunnya permintaan secara global, selain itu harga minyak mentah dunia yang berfluktuasi, juga menyebabkan tidak stabilnya harga bahan baku dan harga jual produk


    Menghadapi tantangan-tantangan ini, Perseroan menerapkan strategi antara lain sebagai berikut:

    • Berkembang bersama dengan pelanggan dengan menjadikan Perseroan sebagai mitra usaha yang dapat diandalkan;

    • Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan komitmen pada kualitas, kuantitas dan harga yang kompetitif dengan tetap memperhatikan profitabilitas Perseroan;

    • Meningkatkan sinergi usaha dengan entitas anak;

    • Melakukan integrasi ke industri hulu, Normal Paraffin untuk menjaga ketersediaan bahan baku dengan biaya yang lebih kompetitif;

    • Menjaga kestabilan utilisasi pabrik yangmemungkinkan Perseroan untuk mengurangi biaya produksi secara keseluruhan, dan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan baku, bahan bakar dan listrik. Hal ini akan dikembangkan melalui optimalisasi operasi pabrik dan penerapan modifikasi proses produksi seiring dengan keahlian teknis pemilik lisensi dan tenaga ahli internal Perseroan.

    Meskipun fokus pada potensi pasar domestik, Perseroan juga terus berusaha untuk mencapai posisi yang kuat di pasar Internasional, dengan terus memperluas dan menjajaki kesempatan ekspor.

    Sejak awal tahun 2020 ini, seluruh dunia mengalami peristiwa yang mengguncangkan kehidupan umat manusia yaitu merebaknya pandemi Covid-19 secara global termasuk di Indonesia. Pandemi ini telah membawa dampak perubahan yang signifikan pada seluruh aspek kehidupan masyarakat baik secara ekonomi, sosial dan budaya. Diantara sekian banyak dampak negatif dari pandemi Covid-19 terdapat juga dampak yang cukup positif yaitu masyarakat menjadi lebih peduli dengan kesehatan dan kebersihan pribadi dan lingkungannya, sehingga secara tidak langsung membawa dampak yang positif juga bagi penjualan produk Perseroan yang bergerak di bidang produk kebersihan.

    Gudang penyimpanan barang yang terletak di Merak, Banten dan Tanjung Perak, Surabaya siap melayani seluruh pelanggan di Indonesia. Penyediaan armada- armada pengangkutan berkapasitas 16 MT sampai dengan 27 MT yang siap mengantar pengiriman barang tepat waktu juga merupakan salah satu daya saing Perseroan untuk membantu kelancaran produksi dan menekan biaya penyimpananan dan pengelolaan persediaan pelanggan. Di bidang properti, tanah yang siap untuk dikembangkan seluas 1,4 hektar berlokasi tepat di pusat bisnis Jakarta merupakan lokasi yang sangat strategis.

    Bermodalkan prospek usaha yang masih terbuka lebar, strategi usaha, keunggulan kompetitif dan pengalaman di bidangnya, Perseroan yakin untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan dan memberikan hasil yang memuaskan bagi para pemangku kepentingan.





    -ys-
Hubungan Investor
  • Laporan Dewan Komisaris
  • Laporan Direksi
  • Analisa dan Pembahasan Manajemen
  • Laporan Laba Rugi Komprehensif Konsolidasian
  • Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian
  • Grafik Keuangan Penting
  • Analisa Rasio
  • Prospek dan Strategi Usaha
  • Keunggulan Kompetitif dan Manajemen Risiko
  • Prospektus & Anggaran Dasar
  • Saham, Dividen dan Kronologis Pencatatan Saham
  • Perubahan Peraturan, Perundang-undangan dan Kebijakan Akuntansi Signifikan
  • Laporan Tahunan
  • Laporan Keuangan Konsolidasian